TUGAS 2

TUGAS 2

1.  Bacalah dengan seksama skripsi yang Anda teliti tentang penggunaan EYD nya. Buatlah perbaikan sedikitnya 10 hal yang Anda temui (huruf besar dan huruf miring) .  

2. Buatlah 5 istilah di bidang teknik elektro yang berasal dari bahasa asing yang Anda kembangkan sendiri. Tata urutannya :  istilah asing yang diserap/diterjemahkan, istilah asingnya, kaidah yang digunakan, arti dan makna istilah secara teknik elektro.

Perbaikan EYD pada skripsi yang berjudul “Pengolahan Citra Digital Menggunakan Program Delphi”

  • Fungsi monitor adalah suatu sarana untuk melihat laporan – laporan yang diinginkan, alat untuk memonitor entri/ masukan data / program.

Seharusnya pada kata “entri” tercetak miring, karena merupakan bahasa asing.

Perbaikan :

Fungsi monitor adalah suatu sarana untuk melihat laporan – laporan yang diinginkan, alat untuk memonitor entri / masukan data / program.

  • Setiap titik pada citra hanya membutuhkan 1 bit, sehingga setiap byte dapat menampung informasi 8 titik ( data digital sering dinayatakan dalam bentuk bilangan heksadesimal dan pada bahasa Pascal (Delphi) diberi simbol $ didepannya.

Seharusnya pada kata “byte” tercetak miring, karena merupakan bahasa asing.

Perbaikan :

Setiap titik pada citra hanya membutuhkan 1 bit, sehingga setiap byte dapat menampung informasi 8 titik ( data digital sering dinayatakan dalam bentuk bilangan heksadesimal dan pada bahasa Pascal (Delphi) diberi simbol $ didepannya.

  • Didalam menu bar terdapat banyak perintah untuk memerintahkan komputer agar melakukan suatu tindakan, seperti menyimpan file, membuka file, menutup file, meng compile program dan masih banyak lagi perintah-perintah lainnya.

Seharusnya pada kata “compile” tercetak miring, karena merupakan bahasa asing.

Perbaikan :

Didalam menu bar terdapat banyak perintah untuk memerintahkan komputer agar melakukan suatu tindakan, seperti menyimpan file, membuka file, menutup file, meng compile program dan masih banyak lagi perintah-perintah lainnya.

  • Adalah sebuah jendela awal yang memberikan informasi tentang project aplikasi yang dibuat.

Seharusnya pada kata “project” tercetak miring, karena merupakan bahasa asing.

Perbaikan :

Adalah sebuah jendela awal yang memberikan informasi tentang project aplikasi yang dibuat.

  • Namun Delphi telah menyediakan sarana untuk menampilkan citra, yaitu melalaui Komponen Timage yang terdapat pada palet komponen Additional.

Seharusnya pada kata “Timage” dan “Additional” tercetak miring, karena merupakan istilah bahasa asing.

Perbaikan :

Namun Delphi telah menyediakan sarana untuk menampilkan citra, yaitu melalaui Komponen Timage yang terdapat pada palet komponen Additional.

  • Komponen ini memiliki properti Picture yang digunakan untuk menyimpan fata citra.

Seharusnya pada kata “picture” tercetak miring, karena merupakan istilah bahasa asing.

Perbaikan :

Komponen ini memiliki properti Picture yang digunakan untuk menyimpan fata citra.

  • Untuk citra true color, modifikasi kecemerlangan dilakukan terhadap setiap elemen warna yang masing-masing nilainya dapat berbeda dengan yang lain.

Seharusnya pada kata “true color” tercetak miring, karena merupakan bahasa asing.

Perbaikan :

Untuk citra true color, modifikasi kecemerlangan dilakukan terhadap setiap elemen warna yang masing-masing nilainya dapat berbeda dengan yang lain.

  • Dimana CR, CG, dan CB adalah komponen warna citra input untuk elemen merah, hijau, dan biru, sedangkan R0, G0, dan B0 adalah komponen warna output, dan fR, fG dan fB masing-masing adalah fungsi GST untuk elemen merah, hijau dan biru.

Seharusnya pada kata “input” dan “output”  tercetak miring, karena merupakan bahasa asing.

Perbaikan :

Dimana CR, CG, dan CB adalah komponen warna citra input untuk elemen merah, hijau, dan biru, sedangkan R0, G0, dan B0 adalah komponen warna output, dan fR, fG dan fB masing-masing adalah fungsi GST untuk elemen merah, hijau dan biru.

  • Kemudian, agar form utama di maximized pada saat program dijalankan.

Seharusnya pada kata “form” dan “maximized”  tercetak miring, karena merupakan bahasa asing.

Perbaikan :

Kemudian, agar form utama di maximized pada saat program dijalankan.

  • Definisikan kedua variable tersebut setelah keyword uses.

Seharusnya pada kata “keyword uses”  tercetak miring, karena merupakan bahasa asing.

Perbaikan :

Definisikan kedua variable tersebut setelah keyword uses.

Istilah Asing Dibidang Teknik Elektro

Istilah Asing yang Diserap Komputer
Istilah Asingnya Computer
Kaidah yang Digunakan Dalam penulisan bahasanya komputer ditulis biasa, Dalam bahasa asing (Bahasa Inggris) “computer” ditulis miring.
Arti dan Makna Istilah Alat elektronik otomatis yg dapat menghitung atau mengolah data secara cermat menurut yg diinstruksikan, dan memberikan hasil pengolahan, serta dapat menjalankan sistem multimedia (film, musik, televisi, faksimile, dsb), biasanya terdiri atas unit pemasukan, unit pengeluaran, unit penyimpanan, serta unit pengontrolan.

 

Istilah Asing yang Diserap Kata Kunci
Istilah Asingnya Password
Kaidah yang Digunakan “kata kunci” ditulis biasa, karena sudah diserap dari bahasa asing dari “password” yang ditulis miring bila menggunakan bahasa asing.
Arti dan Makna Istilah Kode sandi yang harus dimasukkan ke dalam suatu sistem baik itu sistem komputer yang menggunakan system oprasi windows atau bukan yang berupa karakter tulisan, suara, atau ciri-ciri khusus yang harus diingat.
Istilah Asing yang Diserap Antar muka
Istilah Asingnya Interface
Kaidah yang Digunakan “antar muka” ditulis biasa karena sudah diserap dari bahasa asing yaitu “interface” kemudian “interface ditulis miring jika menggunakan bahasa asing.
Arti dan Makna Istilah Komponen sistem operasi yang bersentuhan langsung dengan pengguna.

 

Istilah Asing yang Diserap Program
Istilah Asingnya Program
Kaidah yang Digunakan Dalam penulisannya program ditulis biasa karena sudah sepenuhnya diserap ke Bahasa Indonesia
Arti dan Makna Istilah Rancangan mengenai asas yang sedang dibentuk atau dibuat
Istilah Asing yang Diserap Akses
Istilah Asingnya Acces
Kaidah yang Digunakan Dalam penulisannya “Akses” ditulis biasa, karna sudah diserap ke bahasa indonesia dengan menghilangkan huruf ‘C’. Dalam bahasa asing (Bahasa Inggris) “acces” ditulis miring.
Arti dan Makna Istilah Jalan masuk atau terusan untuk dapat melewati suatu jalur untuk menuju pada suatu tujuan.

 

 

Tinggalkan komentar