TUGAS  3

Perbaikan tentang Penggunaan EYD Khususnya Ketetapan Penggunaan Tanda Baca Titik (.) dan Tanda Baca Koma (,) pada Penulisan Skripsi

1. Sistem penyimpanan disebut juga external storage, komponen terpisah dari komputer, dapat mencatat / menyimpan semua instruksi / data dengan aman dalam waktu yang relatif lama.

Kesalahan : seharusnya setelah kata yang digaris bawahi diberi tanda titik bukan koma.

Perbaikan : Sistem penyimpanan disebut juga external storage, komponen terpisah dari komputer. Dapat mencatat / menyimpan semua instruksi / data dengan aman dalam waktu yang relatif lama.

2. Jadi apabila ada kerusakan atau tidak berfungsinya salah satu peralatan komputer anda, maka akan ditampilkan kode – kode atau pesan – pesan tertentu pada monitor.

Kesalahan : karena induk kalimat ada di awal jadi tidak perlu menggunakan tanda koma.

Perbaikan : Jadi apabila ada kerusakan atau tidak berfungsinya salah satu peralatan komputer anda maka akan ditampilkan kode – kode atau pesan – pesan tertentu pada monitor.

3. Sehingga bahasa komputer disebut juga bahasa program ( programming language ). Dan karena sampai dewasa ini komputer baru mempunyai kemampuan membaca saja dan belum mampu mendengar

Kesalahan : tidak memerlukan tanda titik karena dan adalah kata sambung dan tidak cocok di pakai di awal kalimat.

Perbaikan : Sehingga bahasa komputer disebut juga bahasa program ( programming language ) dan karena sampai dewasa ini komputer baru mempunyai kemampuan membaca saja dan belum mampu mendengar.

4. Citra yang akan ditampilkan diambil dari file gambar yang dapat ditentukan pada saat mendesain dengan cara mengisi nilai property ini, atau pada saat program dijalankan dengan menggunakan prosedur LoadFromFile.

Kesalahan : tidak perlu menggunakan tanda koma karena atau adalah penghubung kalimat.

Perbaikan : Citra yang akan ditampilkan diambil dari file gambar yang dapat ditentukan pada saat mendesain dengan cara mengisi nilai property ini atau pada saat program dijalankan dengan menggunakan prosedur LoadFromFile.

5. Untuk menampilkan sebuah citra yang diambil dari file berekstensi BMP, sebenarnya selain bitmap ( berkekstensi BMP), komponen Picture mendukung format gambar berupa vector, yaitu windows metafile (WMF) dan enhanced metafile (EMF), serta file icon (ICO).

Kesalahan : tidak perlu menggunakan tanda koma pada kata yang digaris bawahi.

Perbaikan : Untuk menampilkan sebuah citra yang diambil dari file berekstensi BMP, sebenarnya selain bitmap ( berkekstensi BMP) komponen Picture mendukung format gambar berupa vector yaitu windows metafile (WMF) dan enhanced metafile (EMF), serta file icon (ICO).

6. Contoh :

  1. Buatlah project baru.
  2. Simpan form dengan memilih menu File-Save AS…, dan mengisi file name = UnitUtama
  3. Ubah ukuran form sesuai Gambar1
  4. Ubah nama Form1 menjadi FormUtama dan tambahkan komponen berikut serta ubahlah nilai-nilai propertinya.

Kesalahan : seharusnya pada kalimat nomor 2 dan 3 di beri tanda titik.

Perbaikan : Contoh :

  1. Buatlah project baru.
  2. Simpan form dengan memilih menu File-Save AS…, dan mengisi file name = UnitUtama.
  3. Ubah ukuran form sesuai Gambar1.
  4. Ubah nama Form1 menjadi FormUtama dan tambahkan komponen berikut serta ubahlah nilai-nilai propertinya.

 

7. Sedangkan untuk menentukan namafile dan lokasi penyimpanan, kita dapat memanfaatkan komponen TSavePictureDialog yang terdapat pada palet komponen Dialogs dan sebagaimana TOpenPictureDialog, komponen ini mempermudah dalam menentukan nama file, karena memiliki fasilitas preview, sehingga memperkecil kesalahan akibat penimpaan file yang sudah ada.

Kesalahan : tidak perlu menggunakan tanda koma pada kata yang digaris bawahi. Namun pada kata pertama yang di garis bawahi di ganti dengan tnada titik.

Perbaikan : Sedangkan untuk menentukan namafile dan lokasi penyimpanan, kita dapat memanfaatkan komponen TSavePictureDialog yang terdapat pada palet komponen Dialogs dan sebagaimana TopenPictureDialog. komponen ini mempermudah dalam menentukan nama file karena memiliki fasilitas preview, sehingga memperkecil kesalahan akibat penimpaan file yang sudah ada.

8. Diruangan yang agak gelap, sering kali kita perlu menyalakan lampu dan sumber cahaya lainnya agar ruangan menjadi lebih terang dan kita dapat melihat benda-benda yang ada dalam ruangan tersebut dengan lebih jelas

Kesalahan : tidak memerlukan tanda koma setelah tanda yang di garis bawah.

Perbaikan : Diruangan yang agak gelap sering kali kita perlu menyalakan lampu dan sumber cahaya lainnya agar ruangan menjadi lebih terang dan kita dapat melihat benda-benda yang ada dalam ruangan tersebut dengan lebih jelas.

9. Dimana C adalah suatu konstanta yang bernilai positif jika kita ingin meningkatkan kecemerlamgan citra, dan sebaliknya bernilai negative jika ingin mengurangi kecemerlangan.

Kesalahan : tidak memerlukan tanda koma karena kata dan adalah penghubung kalimat.

Perbaikan : Dimana C adalah suatu konstanta yang bernilai positif jika kita ingin meningkatkan kecemerlamgan citra dan sebaliknya bernilai negative jika ingin mengurangi kecemerlangan.

10. Misalnya citra akan dibuat lebih merah, maka nilai merah pada setiap titik ditambah dengan nilai tertentu.

Kesalahan : tidak perlu menggunakan tanda koma karena induk kalimat di depan.

Perbaikan : Misalnya citra akan dibuat lebih merah maka nilai merah pada setiap titik ditambah dengan nilai tertentu.

 

Mengubah Penulisan Catatan Kaki dan Daftar Pustaka yang Tidak Sesuai dengan EYD pada Skripsi Menjadi Sesuai Dengan EYD

 1. Bambang Robin, Pemrograman Grafis Multimedia Menggunakan Delphi, Elex Media, 2004

Perbaikan : Bambang Robin. 2004. Pemrograman Grafis Multimedia Menggunakan Delphi. Elex Media.

2. Ir. Balza Achmad, Msc.E, Kartika Firdausy, S.T, M.T, Teknik Citra Digital Menggunakan Pemrograman Delphi, Elex Media, 2005

Perbaikan : Ir. Balza Achmad, Msc.E, Kartika Firdausy, S.T, M.T. 2005. Teknik Citra Digital Menggunakan Pemrograman Delphi. Elex Media.

3. Jogiyanto Hartono, Pengenalan Komputer, Penerbit Andi, Yogyakarta, 1999

Perbaikan : Jogiyanto, Hartono. 1999. Pengenalan Komputer. Penerbit Andi. Yogyakarta.

4. Jaja Jamaludin Malik, Kumpulan Latihan Pemrograman Delphi, Penerbit Andi, Yogyakarta, 2006

Perbaikan : Jamaludin Malik, Jaja. 2006. Kumpulan Latihan Pemrograman Delphi. Penerbit Andi. Yogyakarta.

5. Simon Howard, Effhar dan Dahara Prize, Teknik Menggambar, Semarang, 2003

Perbaikan : SimonHoward, Effhar dan Dahara Prize. 2003. Teknik Menggambar. Semarang.