TUGAS 1

1.    Berikan komentar singkat Anda terhadap skripsi.

2.    Carilah 5 sumber yang disebut dalam skripsi tersebut atau pembanding artikel yang Anda unduh lewat internet.

3.    Hasil unduhan harus jelas alamatnya.

Judul Skripsi :

PENGOLAHAN CITRA DIGITAL MENGGUNAKAN PROGRAM DELPHI

Kerangka Karangan :

BAB I PENDAHULUAN

  1. Latar Belakang
  2. Maksud dan Tujuan
  3. Batasan Masalah
  4. Rumusan Masalah
  5. Metode Penelitian
  6. SistematikaPenulisan

BAB II LANDASAN TEORI

  1. Pengertian Sistem
    1. Menurut Robert G. Murdich
    2. Menurut Gordon B. Davis
    3. Menurut Drs. Mulyadi
    4. Menurut T. Hani Handoko
    5. Menurut Raymond Mc Leod, Jr
  2. Pengertian Informasi
    1. Menurut Jogiyanto HM, Akt, MB,Ph.D
    2. Menurut Teguh Wahyono
  3. Kualitas Informasi
    1. Akurat
    2. Tepat waktu
    3. Relevan
  4. Pengertian Sistem Informas
    1. Menurut Drs. Abdul Halim
    2. Menurut Jogiyanto H.M
    3. Menurut Dadan Umar Daihani
  5. Pengertian Komputer
    1. Piranti Keras ( hardware )
      1. Peralatan  Proses ( Processing Device )
      2. Peralatan Masukan ( Input Device )
      3. Sistem Penyimpanan ( Strorage Sistem )
      4. Peralatan keluaran
    2. Piranti Lunak ( Software )
    3. Tenaga Pelaksana ( Brainware )
  6. Pengertian Bahasa Pemrograman
  7. Citra Digital
    1. Operasi Pengolahan Citra
    2. Komponen Citra Digital
    3. Kegunaan Histogram
  8. Sekilas Delphi 8.0
    1. Kebetuhan Sistem
    2.  Elemen – elemen Delphi 8.0
  9. Citra Dalam Delphi

BAB III PERANCANGAN

  1. Komponen Timage
  2. Program Penampil Citra
  3. Penyimpan Citra

BAB IV IMPLEMENTASI

  1. Modifikasi Kecemerlangan Citra
  2. Peningkatan Kontras
  3. Penajaman Citra

BAB V PENUTUP

  1. Kesimpulan
  2. Saran

Ulasan Singkat Mengenai Skripsi :

Sumber : http://www.4skripsi.com/skripsi-komputer/pengolahan-citra-digital-menggunakan-program-delphi.html

Komentar Terhadap Skripsi :

            Skripsi  yang saya baca berjudul “Pengolahan Citra Digital Menggunakan Program Delphi”, menurut saya skripsi ini cukup bagus dari segi isi materi dan susunan penulisannya. Namun pada cara penulisannya masih banyak yang harus dikoreksi, karena tidak sesuai dengan EYD. Implementasiannya pun cukup bagus dan menarik. Meskipun skripsi ini tidak terlalu sempurna namun cukup bagus untuk mahasiswa yang akan mengambil kejuruan multimedia.

5 Sumber yang Disebut dalam Skripsi dan Pembanding Artikel :

1.       DalamSkripsi :

sistem adalah kumpulan bagian unsur komponen yang saling berinteraksi satu sama lain secara teratur dan merupakan satu kesatuan yang tidak dapat dipisahkan untuk mencapai suatu tujuan.

DalamSumber Lain :

Sistem adalah suatu jaringan kerja dari prosedur-prosedur yang saling berhubungan, berkumpul bersama-sama untuk melakukan suatu kegiatan atau untuk menyelesaikan suatu sasaran tertentu.

http://liavietri.blogspot.com/2010/02/pengertian-sistem.html

2.       DalamSkripsi :

Informasi merupakan fakta atau data yang telah diproses sedemikian rupa atau mengalami proses transformasi data sehingga berubah bentuk menjadi informasi.

DalamSumber Lain :

Informasi adalah Sekumpulan data/ fakta yang diorganisasi atau diolah dengan cara tertentu sehingga mempunyai arti bagi penerima.

http://temukanpengertian.blogspot.com/2013/07/pengertian-informasi.html

3.       DalamSkripsi :

sistem informasi adalah seperangkat elemen-elemen yang sistematis yang terpadu dan formal yang diperoleh dari pengolahan data guna mendukung fungsi operasi untuk mengambil kesimpulan atau kebijaksanaan dengan tujuan tertentu.

DalamSumber Lain :

Sistem informasi adalah kumpulan informasi di dalam sebuah basis data menggunakan model dan media teknologi informasi digunakan di dalam pengambilan keputusan bisnis sebuah organisasi.

http://chilem-iam.blogspot.com/2009/10/sistem-informasi-sistem-adalah-suatu.html

4.       DalamSkripsi :

Komputer adalah sekelompok mesin elektronik yang sophisticared / canggih yang saling bekerja sama dan di kontrol oleh instruksi – instruksi yang disebut program, sehingga menghasilkan Output / hasil sesuai dengan yang diinginkan oleh  sipemakai dalam menetapkan keputusan atau  kebijaksanaan.

DalamSumbe Lain :

Komputer adalah alat yang dipakai untuk mengolah data menurut prosedur yang telah dirumuskan.
http://id.wikipedia.org/wiki/Komputer

5.       DalamSkripsi:

1. Penentuan parameter digitisasi

Histogram dapat digunakan sebagai indikasi visual untuk menentukan apakah suatu citra sudah berada dalam jangkauan yang tepat dalam skala keabuan. Biasanya, suatu citra digital sebisa mungkin menggunakan seluruh tingkat keabuan, mulai dari nilai minimumnya sampai nilai maksimumnya, pada saat operasi pencitraan.  Jika tidak maka resolusi skala keabuan dari citra tersebut menjadi jelek, dengan demikian parameter digitisasinya perlu diatur lagi. Sebaliknya, jika obyek pencitraan mempunyai jangkauan kecemerlangan (brightness) lebih besar daripada yang dapat ditangani oleh perangkat pencitraan (digilizer), maka histogram akan terlihat terpotong pada  sisi kiri dan /atau kanannya.

2. Pemilihan batas ambang

Salah satu teknik pengolahan citra adalah pengambangan (thresholding), yang diantaranya digunakan untuk menonjolkan citra suatu obyek dari latar belakangnya. Ambil contoh sebuah citra dari suatu obyek terang dengan latar belakang gelap menunjukkan histogram citra tersebut yang mempunyai 2 buah puncak ( bentuk histogram seperti ini disebut sebagai histogram bimodal). Titik-titik terang dalam obyek membentuk puncak sebelah kanan, sedangkan puncak sebelah kiri ditimbulkan oleh titik-titik gelap pada latar belakang. Titik-titik dengan skala keabuan sedang di sekitar tepi obyek membentuk bagian lembah antara kedua puncak tersebut. Pemilihan batas yang optimal untuk operasi pengambangan.

DalamSumber Lain :

Lalu apakah kegunaan histogram dalam pengolahan citra? Wah banyak sekali. Salah satunya untuk melihat apakah distribusi informasi yang ada dalam suatu citra sudah baik atau belum. Contoh distribusi informasi dalam citra kurang baik adalah pada kasus dimana detil tekstur citra kurang terlihat . Dan salah satu usaha untuk memperbaiki distribusi citra adalah dengan menggunakan metode histogram equalisation. Histogram juga banyak digunakan dalam texture analysis. Texture analysis adalah analisa untuk melihat apakah kedua tekstur sama atau berbeda. Misalkan seberapa mirip tekstur karpet A dengan tekstur karpet B. Contoh lainnya adalah untuk melihat apakah pencahayaan dan contrast suatu citra sudah cukup atau belum (terlalu terang atau terlalu gelap). Bagaimana caranya? Histogram dari suatu citra terlalu terang biasanya cenderung mengumpul di nilai grey level yang tinggi (ke arah nilai 255), sebaliknya histogram dari suatu citra yang terlalu gelap biasanya cenderung mengumpul di nilai grey level yang rendah (ke arah nilai 0).

http://pengolahancitra.com/index.php?option=com_content&task=view&id=30&Itemid=26