Mati karena RAM (soddim) cukup sering terjadi, bisa karena goncangan keras, benturan dengan benda keras, socket RAM kotor karena debu atau RAM sudah tidak berfungsi dengan baik. sebesar 20% atau 70% saja, alias tidak rusak total.Sehingga pada kondisi tertentu, ia akan berhenti bekerja dan akan normal kembali setelah komputer mati dan dihidupkan kembali.Jika di komputer kamu ada 2 slot RAM, cobalah lepas salah satu secara bergantian untuk mengujinya.

Masalah masalah umum lainnya yang bisa menyebabkan RAM rusak adalah:

  • Ketidakstabilan daya listrik.
  • Terlalu sering melakukan overclocking.
  • RAM kepanasan akibat hardware lain.
  • Karena pemakaian komputer yang terlalu maksa.
  • Kesalahan penanganan RAM.
  • Adanya kotoran (korosi) pada pin atau slot RAM pada motherboard.Mungkin saja RAM tidak rusak,namun terhambatnya aliran listrik akibat korosi bisa membuat RAM seolah rusak.
  • Kemungkinan Memori RAM sudah rusak sebelum dipakai juga bisa walaupun kecil kemungkinannya,untuk itulah perlu meminta garansi pada saat membelinya.


Cara membersihkan dan memasang RAM dengan baik :

1. Sebelum melepaskan RAM putus dahulu aliran listrik yang menyambung ke CPU.

colokan

2. Lepaskan RAM dengan perlahan jangan sampai terjadi guncangan atau apapun yang bisa menyebabkan pin pin yang ada di RAM patah.

memasng

3. Bersihkan shocket memory dengan kuas secara perlahan.

kuas

4. Bersihkan pin pin pada RAM dengan menggunakan penghapus pensil dengan perlahan.

penghapus

5. Bersihkan badan RAM dengan menggunakan cotton bad.

membersihkan RAM

6. Pasang kembali RAM pada shocket yang sudah dibersihkan. Pemasangan pun harus sangat di perhatikan agar RAM menempel sesuai dengan shocket pada motherboard. Pastikan RAM menempel dengan baik dan jangan terlalu keras untuk menekan RAM untuk menghindari putusnya jalur komponen pada Motherboard.

membetul

SELAMAT MENCOBA🙂

Sumber : http://www.google.com