Ketika ingin memakai wifi di sekolah, kampus, atau tempat umum yang mempunyai jaringan wifi terkadang kita tidak bisa meng’conect’annya dengan wifi tersebut. Hal ini dapat terjadi karena beberapa hal. Kemungkinan kemungkinan yang terjadi diantaranya :

a. Tidak ada perangkat wireless

b. Ada perangkatnya tapi tidak ‘on’

c. Sinyal Wifi lemah

d. Driver Wireless tidak terpasang

e. Perangkat Built-in Wifi rusak / lemah

f. Alokasi IP habis

g. Registry Glitch

h. Ethernet Card perlu refresh

i. Dan penyebab lain

Saya akan membagi informasi bagaimana mengatasi beberapa masalah tersebut :

1. Jika mengalami tidak bisa conect dengan wifi bisa jadi anda belum meng’enable’kan wireless pada laptop anda. Anda kilik Control Panel -> Network and Internet -> Network Connections.

enable

2. Coba anda cek driver wireless pada laptop, apakah sudah terinstall dengan baik apa belum? Ketik “device manager” pada kolom search. Jika pada driver wireless laptop anda terdapat tanda silang atau tanda seru maka anda harus menginstall ulang kembali driver wireless anda. Tinggal klik kanan lalu pilih install.

Untitled

3. Bisa juga dengan cara anda mengubah ‘Use the following IP address’ menjdi ‘Obtain an IP address’ dan mengubah ‘Use the following DNS address’ menjdi ‘Obtain an DNS address’. Klik kanan Wireless Network Connection -> properties -> pilih TCP/IPv4 -> properties.

use

dns

4. Anda juga bisa mencoba menggunakan Troubleshooting jika terjadi tidak bisa mengakses internet. Tapi cara ini jarang digunakan karena jarang orang yang mengerti mengenai troubleshooting ini.

troubel

5. Jika semua cara sudah dicoba namun tetap tidak bisa, berarti hardware wireless anda rusak. Pada saat mengganti hardware wireless kita harus berhati hati agar tidak terjadi masalah baru akibat pemasangan yang salah.

hardware

SELAMAT MENCOBA  dan semoga bermanfaat untuk para wifi hunter :D

Sumber : http://www.youtube.com/watch?feature=player_embedded&v=wNhgOU88bzQ

About these ads