Disini saya akan memberikan informasi cara untuk menginstal Windows XP, langakah-langakah menginstal Windows XP diantaranya:

1. Kita harus mempunyai master windows yang ingin diinstall. Master windows biasanya sudah ada dari awal kita membeli laptop atau PC satu paket dengan sistem operasi Windows atau memakai CD Windows XP juga bisa.

2. Siapkan CD driver motherboard.

3. Masuk ke sistem BIOS komputer Anda untuk mengatur agar prioritas utama boot adalah CD-Room. Hal ini bertujuan pada saat laptop atau PC anda di restart langsung mendeteksi CD master windows XP.

4. Restart komputer dan tunggu beberapa saat.

5. Setelah muncul tulisan “Press any key to boot from CD…” tekanlah sembarang tombol agar komputer memproses CD instalasi windows XP nya.

press

6. Akan muncul tampilan Windows setup seperti pada gambar dibawah ini.

hala

7. Tunggu beberapa saat tanpa menekan tombol apapun sampai muncul tampilan seperti dibawah. Kemudian kemudian pilih untuk melanjutkan install windows XP dengan menekan “ENTER”.

3

8. Setalah itu maka akn muncul tampilan seperti dibawah, tekan F8 untuk menyetujui proses install.

4

9. Kemudian akan muncul semua partisi hardisk seperti gambar dibawah ini.

5

10. Kemudian tejan “C” untuk membuat partisi hardisk anda dan akan muncul gambar seperti dibawah.

6

11. Kemudin tulisan partisi yang ingin anda buat dan sesuai dengan kapasitas hardisk anda. Lalu tekan “ENTER” serta akan muncul gambar seperti dibawah.

7

12. emudian pilih “format the partition using the NTFS file system (Quick)” atau “format the partition using the NTFS file system (Quick)” lalu tekan “ENTER” maka akan muncul layar sepert gambar di bawah ini.

8

13. Kemudian arahkan pointer pada posisi “unpartitioned space”, lalu tekan “C” maka akan muncul gambar seperti gambar sebelumnya, dalam hal ini layar yang akan muncul seperti gambar sebelumnya menunjukan sisa partisi yang telah anda bagi, jika anda cuma membagi 2 partisi saja maka langsung tekan “ENTER” tapi jika anda ingin mempartisi lagi sisa hardisknya maka tinggal di bagi lagi, seperti langkah-langkah sebelumnya.

14. setelah selesai partisi ketika anda menekan “ENTER” seperti yang di jelaskan di atas, maka akan muncul gambar seperti gambar diatas, setelah itu arahkan poiter di posisiC: partition1 [New Raw], tapi biasanya sudah berada di posisi tersebut, maka anda tinggal menekan “ENTER” saja untuk proses instalasi windows, kemudian akan muncul proses format seperti gambar di bawah ini.

9

15. Setelah selesai format, kemudian windows akan ,menyalin file untuk proses instalasi, seperti gambar di bawah ini.
10

16. Setelah proses penyalinan selesai, secara otomatis komputer akan melakukan restart seperti gambar di bawah ini, dalam hal ini untuk mempercepat proses restart, anda bisa langsung menekan “ENTER”.

11

17. Setelah itu akan muncul loading windows seperti gambar di bawah ini.

12

18. Selanjutnya proses instalasi windows di mulai dan muncul layar seperti gambar di bawah ini.

13

19. Setelah menunggu setelah beberapa saat maka akan muncul layar seperti dibawah.

14

20. Kemudian anda mengikuti instruksi yang tampil dilayar lalu klik “Next”.

21. Pada kolom nama dan organisasi bisa di isi dengan semau anda. Kemudian klik next maka akan muncul gambar seperti dibawah ini.

15

22. Masukan serial number windows XP. Biasanya ada di cover Master CD atau bisa mencari di google. Setelah berhasil maka akan muncul halaman Administrator. Isi sesuai keinginan anda. Lalu klik “Next” dan akan muncul tampilan seperti di bawah.

16

23. Masukan settingan jam dan tanggal, tentukan juga time zone anda, untuk jakarta : pilih GMT+7 Klik “Next”.

17

24. Setelah itu akan muncul tampilan seperti dibawah. Tunggu hingga selesai.

18

25. Setelah selesai maka akan muncul tampilan seperti dibawah dan pilih lah Typicak settings.

19

26. Lalu tekan next dan akan muncul tampilan seperti dibawah ini.

20

27. Jika komputer anda terhubung dengan sebuah domain, maka isikan nama domainnya, tapi jika komputer anda stand alone, maka pilih radio button yang paling atas, lalu tekan “Next”.

28. Kemudian akan muncul display setting seperti gambar di bawah lalu kilik ok.

21

29. Kemudian windows akan mendeteksi tampilan optimal dari PC anda, seperti terlihat pada gambar di bawah ini, Klik “OK.

22

30. Proses instalasi hampir selesai selanjutnya akan muncul loading jendela windows seperti gambar di bawah ini.

23

31. Selanjutnya anda akan dibawa masuk ke dalam windows untuk pertama kalinya seperti terlihat pada gambar di bawah ini, tekan “Next”.

ade29

32. Selanjutnya akan muncul layar “Help Protect Your PC”, seperti gambar di bawah ini, kemudian pilih “Not Right Now” lalu tekan “Next”

ade30

33. Kemudian komputer akan mengecek koneksi ke internet, seprti terlihat pada gambar di bawah ini, pilih “Yes” lalu tekan “Next”

ade31

34. Kemudian akan muncul pilihan aktivasi windows, seperti gambar di bawah ini, lalu tekan “Next”.

ade32

35. Setelah itu akan muncul tampilan yang menunjukan pilihan untuk menambah pengguna komputer, Anda bisa memasukkan beberapa pengguna yang akan mengakses komputer Anda, Namun jika satu akun sudah cukup, atau Anda menginstall komputer untuk dipakai bergantian, cukup masukkan satu user kemudian klik “Next”.

36. Proses instalasi windows selesai, kemudian akan muncul layar seperti gambar di bawah ini, klik “finish”, maka proses instalasi selesai.

ade34

37. Selesailah sudah semua.kemudian perlahan masuk ke windowsnya seperti telihat pada gambar di bawah ini.
29

30

Sumber : http://softwareku4u.blogspot.com/2013/02/cara-instal-windows-xp-beserta-gambar.html#.UbiFn-dHKHA

About these ads